Mencoba menyelundupkan belasan slop rokok, satu calon jamaah haji (calhaj) asal Karawang, Jawa Barat, terpaksa dicecar berbagai pertanyaan oleh petugas bea dan cukai yang ada di Embarkasi Jakata-Bekasi, Selasa (01/08/2017) siang.

“Orang-orang juga banyak, Pak yang bawa seperti ini, tapi kok lolos aja,” ujar Nyonya Komariah, Calhaj asal Rengasdengklok, yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 14. Wanita ini menemani sang suami yang tasnya dibongkar petugas dan ditemukan belasan slop rokok.

“Ada 14 koper jamaah yang dibuka,” ujar Ilyas, petugas pemeriksaan barang Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH)  Jawa Barat. Tas-tas mereka yang dibuka itu dicurigai membawa benda cair, alat elektronik, dan sejumlah rokok yang melebihi kententuan.

Saman, calhaj asal Karawang ini, nampak pucat karena kopernya dibuka petugas. Di dalam koper itu ada dua belas slop rokok berbagai merek,  ada yang filter dan kretek. “Ini tidak boleh bayak-banyak,” ujar petugas, sambil mengeluarkan sepuluh slop rokok.

Petugas pun memberi tanda terima kepada jamaah yang mengaku perokok berat ini. Jumlah koper yang diminta dibuka ini mencapai puluhan karena ada sejumlah jamaah yang membawa jerigen, madu dan sabun cair. “Saya nggak tahu, karena yang ngisi tas anak-anak,” ujar Ny Bonin bin Kanan, 62, Calhaj yang mengaku tinggal bawa saja.

 

sumber: http://poskotanews.com/2017/08/01/calhaj-ini-berupaya-selundupkan-belasan-slop-rokok/

Komentar

comments