sekolah damaiPemerintah Kabupaten Karawang siap melaksanakan program full day school atau sekolah sehari penuh bagi SD dan SMP yang diusulkan oleh Kemendikbud beberapa waktu lalu.

“Secara fasilitas sekolah di Karawang sudah siap untuk melakukan full day school. Jadi tak perlu khawatir,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang, Teddy Ruspendi Sutisna, Rabu 10 Agustus 2016. Ia menilai program full day school sangat membantu menumbuhkan karakter anak-anak apalagi dengan mulai banyaknya gangguan-gangguan teknologi yang bisa merusak mental anak.

“Dengan kesibukan ekstrakurikuler akan membuat mereka lebih baik menghabiskan waktunya. Bahkan komunikasi mereka dengan seusianya bisa jauh lebih baik,” ujarnya. Teddy juga mengatakan sejumlah negara maju yang memiliki sistem pendidikan terbaik telah memberlakukan program full day school.

“Memang ada yang bilang itu akan mengekang HAM anak-anak. Tetapi, dibandingkan mereka tawuran atau hal yang aneh-aneh mending mereka sibuk di sekolah,” kata dia.

Meski secara fasilitas Karawang mengklaim siap, Teddy mengakui secara SDM untuk melakukan full day school harus memiliki tambahan sejumlah pendidikan baru. “Risiko lainnya adalah sekolah harus mampu menyiapkan makan buat para siswa. Tetapi saya yakin full day school akan berikan efek yang sangat baik untuk dunia pendidikan di Indonesia,” ujarnya.

Selain itu kata dia, harus pula ada pendidikan agama yang baik di sekolah sehari penuh ini, agar anak-anak ini tak hanya baik dalam bidang akademis, namun juga didukung dengan keteguhan spiritual.

 

sumber: http://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/2016/08/10/karawang-siap-laksanakan-full-day-school-377154

Komentar

comments