ejumlah titik jalan menuju wilayah perkotaan Kabupaten Karawang, Jawa Barat, akan ditutup selama perayaan Kirab Cap Go Meh yang akan digelar pada Minggu (12/2/2017) besok.

“Rekayasa lalu lintas akan diterapkan selama perayaan Kirab Cap Go Meh,” kata Kasatlantas Polres setempat AKP Rendy Setia Permana, saat dihubungi di Karawang, Sabtu (11/2/2017).

Dalam rekayasa lalu lintas itu, akan dilakukan penutupan jalan di beberapa titik jalan menuju perkotaan Karawang.

Kemudian dilakukan pengalihan arus lalu lintas menuju jalan Tuparev, karena sejumlah akses menuju jalan Tuparev akan menjadi rute pawai perayaan Cap Go Meh.

Di antara titik jalan menuju perkotaan yang ditutup ialah dari bundaran Mega Mall Karawang, depan bundaran rel kereta api Karawang, sekitar Alun Alun Karawang, Bundaran Tugu Padi arah jalan Niaga, bundaran lampu merah Gempol, dan serta daerah sekitar Gonggo arah jalan Arif Rahman Hakim.

“Sekitar satu jam sebelum dimulainya perayaan Kirab Budaya Cap Go Meh jalan yang menuju jalan Tuparev akan ditutup,” kata dia.

Pihak kepolisian juga akan menyebar di sejumlah alternatif menuju wilayah perkotaan. Itu dilakukan untuk mengantisipasi pengendara yang masuk ke wilayah kota yang merupakan jalur perayaan Kirab Cap Go Meh.

Untuk perayaan Kirab Cap Go Meh 2017, start pertama dari klenteng Bio Tjouw Soe Kong dan selanjutnya berkumpul di klenteng Bio Kwan Tee Koen.

Setelah itu dilanjutkan pawai yang dimulai dari jalan Tuparev menuju jalan Kertabumi. Kemudian berputar ke jalan Niaga dan finish di klenteng Bio Kwan Tee Koen.

Sementara itu, perayaan Kirab Cap Go Meh yang merupakan penutup Imlek di Karawang rencananya akan digelar pada Minggu esok, dengan mengolaborasikan dengan kirab budaya dan ruwat bumi khas Sunda.

Panitia Perayaan Imlek setempat Natala Sumedha mengaku sengaja mengolaborasikan Kirab Cap Go Meh dengan Kirab Budaya Sunda agar perayaan Imlek yang digelar tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Kegiatan kolaborasi dengan budaya Sunda sengaja digelar, karena kami berprinsip di mana bumi dipijak di situ kami harus bisa beradaptasi dengan adat budaya setempat,” kata dia.

Diharapkan dengan adanya kolaborasi Kirab Cap Go Meh dengan Kirab Budaya Sunda itu bisa membantu Pemkab Karawang dalam mempromosikan seni budaya, pariwisata dan kuliner khas Karawang.

 

sumber:  http://www.netralnews.com/news/nusantara/read/54681/kirab.cap.go.meh.di.karawang..jalur.perkotaan.akan.ditutup

Komentar

comments