Kebakaran hebat menghanguskan 30 kios di pasar Rengasdengklok pada Ahad subuh (1/10/2017). Ristandi seorang pemilik kios mengatakan api membesar sekitar pukul 04.00 WIB.

Tak kunjung datang bantuan, warga lalu mendatangi pos pemadam kebakaran Rengasdengklok. Lantaran tak ada satu pun petugas di sana, warga kemudian mengamuk dan merusak pos tersebut.

Pantauan detik, situasi pos damkar Rengasdengklok berantakan. Kaca berserakan dan sejumlah meja dan kursi patah. Hingga saat ini belum diketahui siapa dalang di balik perusakan itu.

Ahmad Safe’i Komandan regu pos Pemadam Kebakaran Rengasdengklok mengatakan saat api melahap kios – kios di pasar Rengasdengklok 2 pleton petugas pemadam kebakaran sedang bertugas di tempat lain.

“Kami sedang bertugas di tempat lain. Ada kandang ayam yang terbakar hebat di Desa Kampung Sawah,” ujar Ahmad saat dikonfirmasi detik via telepon.

Menurut Ahmad, sebelum terjadi kebakaran di pasar Rengasdengklok, kebakaran lain terjadi di Kampung Sawah. “Kejadiannya sekitar pukul 2 pagi,” kata Ahmad.

Setelah memadamkan api di TKP pertama, petugas lalu bergegas menuju pasar Rengasdengklok begitu mendapat laporan. Menggunakan 4 unit mobil pemadam kebakaran, para petugas kembali bertarung dengan si jago merah. “Pagi ini kebetulan ada dua TKP waktunya berdekatan,” kata dia. “Sampai saat ini saya belum tahu penyebabnya,” katanya.

Petugas akhirnya berhasil memadamkan api sekitar pukul 06.00 WIB. Sampai pagi ini proses pendinginan masih terus berlangsung. “Tidak ada korban jiwa, hanya ada 30 kios yang hangus,” kata Ahmad.

Pasar Rengasdengklok Terbakar, Warga Rusak Kantor Pemadam KebakaranFoto: Luthfiana Awaluddin

Disinggung mengenai perusakan pos pemadam kebakaran, Ahmad mengatakan enggan menuding siapapun. Ia menyerahkan sepenuhnya kepada pihak berwajib. “Saya harap kejadian ini tak terulang,” kata Ahmad. (ern/ern)

sumber berita: https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-3665553/pasar-rengasdengklok-terbakar-warga-rusak-kantor-pemadam-kebakaran

sumber video: https://www.youtube.com/watch?v=3tjpSgWuGho

Komentar

comments