sekolahamanMenjaga keberlangsungan kesenian tradisional di Kabupaten Karawang, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga segera akan menganggarkan program seniman masuk sekolah di Tahun 2017.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang, Dadan Sugardan mengaku saat ini masih mengonsep rencana seniman masuk sekolah untuk membantu para guru seni dalam memberikan pelajaran seni tradisional.

“Jadi sekarang masih dalam tahap konsep untuk mendukung anggarannya. Entah nanti seniman ini menjadi narasumber atau konsep seperti apa untuk masuk ke dalam sekolah,” kata Dadan Sugardan saat diwawancarai Minggu, 28 Agustus 2016.

Menurut Dadan masih banyak guru seni di Karawang belum memahami penuh mengenai kesenian tradisional, karena setiap guru kesenian disekolah hanya memiliki keahlian di bidang seni secara umum. “Untuk mengajarkan kesenian tradisional, memang perlu dari orang yang benar-benar ahli dan paham terhadap bidang kesenian tradisional,” ucapnya.

Hal tersebut kata Dadan dimaksudkan untuk menjaga kelesetarian seni tradisional di Karawang. “Syukur-syukur akan melahirkan pelaku seni yang makin profesional,” ucapnya.

Sementara itu Dadan juga mengakui, selama ini kendala yang perlu dipikirkan adalah menyangkut sarana fasilitas yang ada di setiap sekolah. “Hanya ada beberapa sekolah, atau disetiap rayon ada beberapa alat kesenian. Untuk itu kita perlu juga melakukan konsep dan penganggaran,” ujarnya.

Oleh karenanya Dadan berharap dengan program ini kecintaan masyarakat khususnya generasi penerus dari kawula muda Karawang terhadap seni tradisional Karawang bisa bertambah. “Saya ingin kesenian Karawang dapat terus bertahan dan tetap lestari meski telah memasuki zaman yang serba canggih,” ujarnya.***

 

sumber: http://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/2016/08/29/pemkab-karawang-siapkan-program-seniman-masuk-sekolah-378569

Komentar

comments