foto: facebook
foto: facebook

Petugas PPL Desa Pacing dan Desa Sukamekar Kecamatan Jatisari Karawang Jawa Barat, terus lakukan pendampingan kepada para petani di Kecamatan Jatisari Karawang. Sehingga para petani pada saat panen raya menghasilkan produksi yang maksimal. Para petani menurut Aliviati Mustofa Putri perlu didampingi pada saat mulai menanam padi sampai perawatan.

“Untuk kebutuhan pangan di Jawa Barat, khususnya di Kota lumbung padi Karawang. Hasil produksi pangan di kota lumbung padi itu harus berhasil. Karena Kabupaten Karawang sebagai kota lumbung padi penyokong kebutuhan ketahanan pangan di Provinsi Jawa Barat,”ujarnya kepada wartawan, Jumat(29/7).

Dikatakan,para petani di Kecamatan Jatisari masih tetap menggandrungi varietas jenis Ciherang dan Mikongga. Namun tidak sedikit para petani melirik kejenis padi ketan.

“Di Kecamatan Jatisari Karawang ini ,kebanyakan para petani masih tetap menanam jenis varietas Ciherang dan Mikongga. Tapi ada juga yang menanam jenis padi ketan,”paparnya

Lebih lanjut Alivianti Mustopa Putri menyampaikan untuk menunjang hasil produksi padi di 2 desa yang dibinanya yakni Desa Pacing dan Desa Sukamekar Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang yang berlimpah. Sambung Pipit panggilan akrab perempuan berparas cantik lulusan IPB ini. Diperlukan beberapa perbaikan saluran tersier dan sekunder. Sehingga para petani pada saat musim tanam tidak kekurangan air.

“Yang perlu dipikirkan pemerintahan kabupaten Karawang melalui dinas terkait. Kebutuhan saluran air untuk kebutuhan para petani perlu dimaksimalkan.Karena pada saat musim tanam seringkali para petani masih memakai pompa air untuk mengairi areal pesawahannya,”ungkapnya

Senada dengan kepala UPTD Pertanian Kecamatan Jatisari Karawang,Targono menyampaikan, bahwa para petugas Petugas Pendamping Lapangan (PPL) di Kecamatan Jatisari berjumlah 8 PPL terus lakukan kegiatan pendampingan kepada para petani. Dia juga menegaskan agar para PPL tetap semangat untuk dampingi para petani . Agar berhasil produksi ketahanan pangan di Kabupaten Karawang yang dikenal dengan kota lumbung padi.

“Tugas PPL itu mendampingi para petani dari mulai persiapan menanam,perawatan dan jelang panen raya. Agar produksi padi terus ditingkatkan. Rata-tara perhektar hasil produksi panen raya mencapai 6-7 ton. Untuk itu perlu peningkatan produksi mencapai 7 sampai 8 ton perhektarnya,”tegasnya.

sumber: http://www.sumbernews.com/ppl-jebolan-ipb-terus-beri-semangat-para-petani-karawang/

Komentar

comments