Ilustrasi

KARAWANG, IR – Ratusan massa mendatangi dan melakukan perusakan  pos satpam PT Pindo Deli 2 pulp Paper mils di Kampung Cigempol, Desa Kuta Mekar, kecamatan Ciampel, Karawang, Senin (29/5).

Aksi perusakan dilakukan setelah pihak perusahaan tak merespon tuntutan massa akibat kebocoran pipa coustics soda yang membuat belasan warga keracunan.

Dari informasi, sebelum aksi perusakan, sejumlah massa yang berada di lingkungan sekitar sempat mendatangi perusahaan untuk meminta pertanggungjawaban akibat kebocoran kimia dari perusahaan.

Namun upaya warga tidak langsung mendapat respon. Warga justru di larang serta di halang-halangi saat hendak meminta pertanggungjawaban perusahaan. Lalu sekitar pukul 22.15 WIB sebanyak 150 warga dengan menggunakan sepeda motor melakukan konvoi kembali mendatangi perusahaan.

Massa, langsung melakukan perusakan terhadap sejumlah pos security. Tak sampai disitu, rombongan massa juga melempari perusaahaan dengan menggunakan batu.

Suasana pun sempat mencekam. Massa juga merusak sejumlah fasilitas perusahaan lainnya termasuk tv, komputer, dan cctv di beberapa kantor security lainnya.  Bahkan massa juga merusak dan mencabut kanopi.

Aksi perusakan oleh massa akhirnya bisa mereda setelah aparat desa serta ratusan aparat kepolisian dari polsek ciampel dan polres karawang turun ke lokasi. Petugas meminta massa untuk menahan diri.

Sementara, belasan warga yang mengalami keracunan akhirnya langsung di bawa ke sejumlah rumah sakit dan klinik untuk segera mendapat perawatan.

Pada Selasa sore, beberapa warga dikabarkan masih dalam perawatan akibat keracunan kebocoran costic soda. Kejadian keboran cosutic soda ini juga bukan merupakan kali pertama. Tahun 2001 ratusan warga juga sempat mengalami hal yang sama. Diantaranya 4 orang dinyatakan tewas.

Hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan resmi dari pihak perusahaan maupun pihak kepolisian. (H&T)

Komentar

comments