Pasar tradisional Rengasdengklok

RENGASDENGKLOK, IR – Sepekan terakhir, harga sejumlah komuditas sayuran di pasar tradisional Rengasdengklok, Karawang, jawa Barat, merangkak naik. Para pedagang yang mengaku, kenaikan harga dipicu oleh cuaca ekstrem yang menyebabkan gagal panen di sejumlah sentra produksi sayuran.

“Sayuran harganya sudah naik kang. Diakibatkan faktor cuaca yang memang hujan terus dan katany petani di sana gagal panen,” kata Andri kepada Inforengasdengklok. com, Kamis (30/11).

Di antara sayuran yang naik, sebut dia, cabe merah, bawang merah, bawang putih, rawit dan tomat. Cabe merah, yang sebelumnya dijual Rp 22.000 per kg sekarang menjadi Rp32.000 ribu per kilogram.

Bawang merah dari Rp15.000 menjadi Rp20.000 per kg kemudian rawit Rp12.000 sekarang dijual degan harga Rp16.000 per kilo.

“Semua jenis sayuran naik, namun yang lain kenaikannya tidak begitu tinggi,” jelasnya.

Tidak hanya pedagang, kenaikan harga sayuran tersebut juga dikeluhkan konsumen.

“Ya keberatan pak dengan kenaikan harga ini. Saya biasa beli satu kilo, sekarang dikurangi jumlahnya. Biar irit,” keluh rini.

Pedagang dan pembeli berharap, cuaca segera normal kembali agar tidak berpengaruh terhadap harga komoditi sayuran saat ini. Begitu juga dengan pemerintah, agar segera bertindak untuk menstabilkan harga dipasaran.

Komentar

comments