Wacana pemekaran wilayah Cikampek untuk memisahkan diri dari Kabupaten Karawang, kembali mencuat. Kabarnya, rencana pemekaran wilayah sudah masuk pembahasan di tingkat pusat melalui rapat kerja antara DPD RI bersama Kemendagri.

Sebenarnya, wacana pamekaran wilayah Cikampek ini sejak lama bergulir. Dengan kata lain, kabar ini bukan sesuatu yang asing lagi di telinga masyarakat Kabupaten Karawang. Bahkan, di 2010 lalu kian santer terdengar. Namun, lima tahun terakhir wacana ini sempat meredup. Seiring, dengan belum disepakatinya rencana pamekaran tersebut oleh seluruh stake holder.

Banyak kalangan menilai, kecamatan ini layak memisahkan diri dari Kabupaten Karawang dan menjadi sebuah kota/kabupaten. Pasalnya, wilayah ini memiliki potensi untuk berdiri sendiri.

Salah satu pernyataan, keluar dari tokoh masyarakat Cikampek, Deden Darmansyah. Pihaknya sangat setuju dengan wacana tersebut. Menurutnya, Kabupaten Karawang memang sudah layak untuk dimekarkan.

Dia mengaku, wacana pamekaran Cikampek jadi daerah dengan otonomi sendiri ini sudah bergulir sejak 20 tahun yang lalu. Akan tetapi, hingga kini belum ada kejelasan. Padahal, mayoritas masyarakat sudah sangat menyetujuinya.

“Sebenarnya, kami sudah lama mengusulkan supaya Cikampek memisahkan diri dari Kabupaten Karawang,” ujar pria yang juga mantan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat itu, Rabu (8/2/2017).

Deden menjelaskan, saat itu pihaknya telah berkonsultasi dengan sejumlah pihak. Dari pembahasan itu membuahkan saran, ternyata Cikampek ini layak jadi sebuah kota. Seperti halnya Kota Cimahi, Banjar dan Pangandaran.

Salah satu yang mendasari, kata dia, di wilayah ini ada empat kecamatan besar yang bisa masuk dalam tataran Kota Cikampek. Yaitu, Kecamatan Kota Baru, Purwasari, Cikampek, dan Tirta Mulya.

Menurutnya, dengan empat kecamatan ini, Cikampek bisa diusulkan jadi kota dan bisa berdiri sendiri. Apalagi, wilayah ini memiliki sektor industri dan pertanian. Dengan dua sektor itu, dinilai mampu menggenjot pendapatan asli daerah (PAD).

“Untuk pemekaran ini, kuncinya ada di pimpinan DPRD dan Bupati sebagai induk Karawang. Karena, dalam hal ini merupakan hak daerah dan seyogyanya tidak ada moratorium,” jelas dia.

“Yang jelas, kami sangat setuju dan akan terus mendorong Cikampek jadi wilayah pemerintahan sendiri,”pungkasnya.

 

sumber: http://www.inilahkoran.com/berita/jabar/66236/wacana-pemisahan-cikampek-dari-kabupaten-karawang-kembali-mencuat

Komentar

comments