3 Doa Ketika Hujan

by -446 views

Halo sobat IRC, ayo lagi pada nunggu hujan lagi ya…. Bagai sedang dahaga ditengah terik matahari… Hujan menjadi keberkahan dari Allah SWT yang  turun dari langit ke bumi yang sangat ditunggu-tunggu di penghujung musim kemarau yang panjang ini.

Di beberapa wilayah Rengasdengklok dan sekitarnya sudah diguyur air hujan, ini menjadi kenikmatan bagi kita semua… “Alhamdulillahi rabbil alamin,” secara spontan sebagian dari kita pastinya mengucap syukur saat hujan turun…

Tapi selain itu ada beberapa doa yang disunnahkan dari awal turun hujan dan sampai hujannya berhenti… Ayo, yang belum tahu doa apa saja itu kita simak ya…

DOA TURUN HUJAN

اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

Allahumma shoyyiban nafi’an. Artinya: “Ya Allah turunkanlah kepada kami hujan yang bermanfaat”. (HR. Bukhari no. 1032).

DOA KETIKA HUJAN LEBAT

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمِدِهِ وَالْمَلاَئِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ

Subhaanalladzi yusabbihur ra’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatihi. Artinya: “Maha Suci Allah yang halilintar bertasbih dengan memujiNya, begitu juga para malaikat, karena takut kepadaNya”. (HR. Bukhari-Al Adabul Mufrad No.723).

DOA KETIKA HUJAN REDA

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللَّهِ وَرَحْمَتِهِ

Muthirnaa bi Fadh-Lillaahi Wa Rohmatihi. Artinya: “Kita diberi hujan karena karunia dan Rahmat Allah,” (HR. Bukhari No.846)

Demikian beberapa doa, yang perlu diketahui sobat IRC terutama bagi yang muslim, sebagai tanda syukur  kita kepada  Allah SWT yang  telah memberikan berkahNya melalui tetesan air hujan yang  menjadi sumber paling penting bagi makhluk hidup. (Alam Gerilya/berbagai sumber)