5 Tempat Wisata di Rengasdengklok

oleh -17 views

Bagi sahabat IRC dan warga yang berdomisili di Karawang khususnya Rengasdengklok, mungkin sudah tahu dan hafal betul seluk beluk lokasi wisata di Rengasdengklok. Nah, buat yang belum tahu kita bantu tunjukin ya beberapa lokasi wisata keluarga yang ada di Rengasdengklok.

Tugu Proklamasi Rengasdengklok (Foto: Ist)

1. ALUN-ALUN TUGU PROKLAMASI
Lokasinya di Jalan Raya Tugu Proklamasi Desa Rengasdengklok Selatan, berada tepat di seberang Gedung Baru Kecamatan Rengasdengklok. Di alun-alun ini terdapat Tugu Proklamasi dan taman yang biasa dimanfaatkan warga untuk berbagai aktifitas, diantaranya upacara hari kemerdekaan, peringatan hari Nasional, Olahraga, Pameran dan event musik. Dibangun sejak tahun 1995, namun sempat lama terbengkalai pembangunannya. Di sini juga terdapat lapangan basket dan aneka ragam permainan anak serta kuliner. Tak ada tiket masuk, hanya saja bagi yang membawa kendaraan bermotor dikenakan biaya parkir yang di kelola karang taruna setempat.

Tugu Kebulatan Tekad (Foto: ist)
Tugu Kebulatan Tekad (Foto: bisnisbandung.com)

2. TUGU KEBULATAN TEKAD
Keberadaan tugu ini tak jauh dari Alun-alun Tugu Proklamasi hanya 100 meter saja. Monumen ini lebih dulu dibangun sebelum Tugu Proklmasi. Dibelakang monumen yang terpampang teks proklamasi ini terdapat relief yang menggambarkan perjalanan kemerdekaan bangsa Indonesia.. Disini dahulunya adalah rumah milik Djau Kie Siong, dimana duo Proklamator kita –Bung Karno & Bung Hatta – pernah diasingkan oleh para pemuda PETA pada 16 Agustus 1945 untuk merumuskan Kemerdekaan Indonesia keesokan harinya, yakni 17 Agustus 1945. Tidak ada tiket masuk, hanya saja kadang ada penjaga atau guide yang menerima imbalan seikhlasnya dari pengunjung.

Rumah Sejarah Rengasdengklok (Foto: harnas.co)

3. RUMAH SEJARAH
Letak Rumah Sejarah dengan Tugu Kebulatan Tekad yaitu 50 meter. Rumah Djau Kie Siong ini yang dulu berada tepat di lokasi Tugu Kebulatan Tekad ini dekat dengan sungai Citarum. Karena terkena banjir lalu rumah ini dipindahkan ke lokasi sekarang. Di dalam rumah selain terpampang foto pemilik rumah juga banyak dihiasi foto-foto Soekarno dan Hatta. Ada dua buah replika tempat tidur yang dipakai oleh Soekarno-Hatta, sedang yang asli ada di Museum Wangsit Siliwangi Bandung. Disinipun tidak ada tiket masuk, tapi disediakan kotak untuk pengunjung yang ingin memberikan donasi.

Waterboom Elmujira (Foto: youtube)

4. WATERBOOM ELMUJIRA
Berada di Jalan Raya Proklamasi Desa Amansari, inilah kolam renang pertama yang ada di Rengasdengklok. Terdapat beberapa wahana yang bisa dinikmati sini, yaitu: Payung Hujan, Kolam renang anak ini sangat cocok untuk anak-anak berusia 2 – 7 tahun karena kedalam kolam ini hanya 20 – 50 cm saja. Kolam ombak, meski diperuntukan untuk remaja dan dewasa namun anak-anak diperkenankan juga, asal menggunakan pelampung dan diawasi oleh orang dewasa atau orang tuanya. Boomerang, cocok untuk menguji adrenalin bagi pengunjung remaja dan dewasa. Tiket masuknya dibandrol Rp.20.000 (Senin-Jumat) dan Rp. 25.000 ( Sabtu-Minggu dan hari libur). Selain untuk umum, biasanya juga dipakai untuk eskul anak sekolah.

Taman Hud Hud Rengasdengklok (Foto: wonderfulldh.blogspot.com)

5. TAMAN HUD HUD
Kolam renang baru ini berada di komplek Pondok Pesantren Al Baghdadi di Jalan Raya Proklamasi Desa Amansari yang resmi dibuka pada 16 Juni 2018. Meski baru setahun beroperasi namun banyak pengunjung yang datang bukan hanya dari karawang saja namun dari kota-kota sekitarnya seperti Jakarta, Bekasi, Subang, Purwakarta dan lainnya.
Yang memikat pengunjung karena tempat ini menyediakan berbagai fasilitas yang cukup memadai seperti kolam renang anak dan dewasa, rumah pohon, panggung hiburan, kapal pesiar buatan, kolam ikan, gazebo, tempat ibadah, restoran, minimarket,penyewaan motor ATV dan toilet.
Tiket dibandrol Rp.50.000 (Sabtu-Kamis), Rp.30.000 (Jumat). Sewa Motor ATV Rp. 2.000 per 20 menit dan sewa loker Rp.5.000.

(Alam Gerilya/Berbagai Sumber)