7 Destinasi Wisata Karawang yang Wajib Dikunjungi

by -324 views

Bagi orang Karawang, destinasi wisata dibawah ini mungkin sudah tak asing lagi. Tapi bagi pendatang atau wisatawan lokal, siapkan waktu untuk berkunjung ke beberapa destinasi wisata kebanggaan Kawarang ini. Mari kita telusuri ya…

  1. Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok Rengasdengklok.

    Monumen ini adalah saksi bisu perjuangan Bangsa Indonesia dalam memperoleh kemerdekaannya. Di sinilah Soekarno dan Hatta diculik oleh golongan pemuda untuk kemudian dipaksa menyusun rencana kemerdekaan Indonesia setelah mengetahui Jepang kalah dari sekutu.

  2. Candi Jiwa.

    Terletak di kompleks percandian Batujaya, tepatnya di Kecamatan Batujaya dan Pakisjaya, Karawang, Jawa Barat. Candi ini merupakan salah satu peninggalan kebudayaan agama Buddha yang umurnya diprediksi lebih tua dari Candi Borobudur di Magelang.

  • Danau Cipule Danau.

    Danau ini merupakan bekas lahan tambang pasir yang berada di tepi Sungai Citarum. Terbentuknya danau ini karena proses tambang yang dilakukan secara terus-menerus sehingga membentuk sebuah cekungan besar seluas kira-kira 90 hektar dengan kedalaman 2 meter. Hal unik dari Danau Cipule ini adalah terdapatnya sebuah pulau yang dinamai Pulau Cinta dengan seluas 2 kilometer di tengahnya.

  • Pantai Tanjung Baru

    Pantai ini berlokasi di teluk semenanjung antara Kabupaten Subang dan Kabupaten Karawang. Tepatnya di desa Pasir Jaya Kecamatan Cilamaya Kulon Kabupaten Karawang. Di kawasan pantai ini sudah tersedia warung makan tradisional yang menyajikan menu ikan bakar.

  • Curug Cigentis Air terjun ini menjadi destinasi unggulan di Kabupaten Karawang. Lokasinya berada di bawah kaki Gunung Sanggabuana. Terletak di Desa Mekarbuana, Kec. Tegalwaru berjarak sekitar 44 km dari pusat kota Karawang.

  • Green Canyon

    Sepertinya destinasi ini tak asing lagi, sebab tak sedikit orang yang mengunggah wisata alam ini ke media sosial. Green Canyon adalah sebuah tempat wisata di Karawang yang keindahan dan keasriannya sangat memukau para pengunjung. Lokasinya berada di Kampung Tonjong Roke, Desa Medal Sari, Kecamatan Pangkalan, Loji, Kabupaten Karawang, Jawa Barat

  • Vihara Shia Jin Ku Po

    Wisata yang juga menjadi tempat ibadah umat Buddha ini dibangun pada abad ke-17 masehi. Bangunannya didominasi warna merah dengan ornamen khas. Vihara ini dibangun oleh tiga orang perantau yang bernama Tsee, Kau, dan Lau. (dbs)