Aksi Para Pemuda Rengasdengklok di Hari Pahlawan 2019

by -418 views

IRC – Dalam memperingati Hari Pahlawan 10 November 2019 besok, Para Pemuda Rengasdengklok akan mengadakan Diskusi Sejarah yang bertempat di Eks Kantor Kecamatan Rengasdengklok (Gedung Kewedanaan).

Menurut Denny Riswanto -yang mewakili Pemuda Rengasdengklok-, Diskusi Sejarah ini mengambil tema “Menelusuri Jejak Kapten Masrin” dengan nara sumber: Cece Wikana (putra dari Kapten Masrin) dan Asep R Sundapura (Sejarawan & Penulis Buku Membongkar Sejarah Karawang).

“Selain diskusi, juga akan digelar beberapa aksi seperti musik akustik yang akan menampilkan musisi handal dari Rengasdengklok, Dodolthea. Aksi mural tembok oleh Mulyhana August Ghaust dan aksi graffiti oleh Barja,” ujar Denny.

Denny menambahkam, hari Sabtu (09/11/19) ini juga sedang diadakan Kerja Bakti membersihkan Gedung Kewedanaan tersebut. Kegiatan yang digagas para Pemuda Rengasdengklok ini sebagai kepedulian dan keprihatinan terhadap tempat sejarah di Rengasdengklok yang belum mendapat perhatian khusus dari Pemerintah.

Semua rangkaian acara tersebut murni dimotori dan dilaksanakan oleh PEMUDA RENGASDENGKLOK. Harapan mereka, Gedung Kewedanaan ini bisa menjadi sarana wisata edukasi sejarah dan gedung kepemudaan yang dapat di fungsikan sebagai sarana berdiskusi, pentas seni dan lainnya.

“Tujuan akhir dari kegiatan ini, Pemuda Rengasdengklok meminta kepada Pemerintah untuk mempertimbangkan nama Kapten Masrin dapat digunakan menjadi nama salah satu jalan menuju monumen Tugu Proklamasi. Dan memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada Kapten Masrin,” Denny menjabarkan keinginan para pemuda.

Memang suatu kebanggaan bagi masyarakat Rengasdengklok dengan peristiwa bersejarah yang terjadi di masa lalu disini, tapi sudah seharusnya juga kita bisa menjaga dan merawat tempat bersejarah tersebut.

“Bagi kami, bangga menjadi orang Rengasdengklok saja tidak cukup tanpa berbuat apapun untuk Rengasdengklok,” pungkas Denny.

(Alam Gerilya)