Eskul Fotografi di SMK Karya Utama Karawang dari Hobi ke Profesi

by -732 views

Para siswa SMK Karya Utama Karawang, sejak bulan Februari 2020 ini giat belajar fotografi yang menjadi materi baru dalam ekstrakurikuler (eskul) di sekolahnya. Adalah Ridho Rasyid, seorang fotografer professional asal Jakarta yang kini tinggal di Karawang, menggagas materi eskul untuk para siswa SMK Karya Utama Karawang.

“Awalnya kang Ridho, yang saya kenal lewat grup facebook ‘Edan Fotografi Karawang’ menawarkan menjadi pembimbing eskul fotografi di SMK Karya Utama Karawang. Saya merasa senang mendapat tawaran ini karena dari dulu saya berkeinginan juga ada eskul fotografi tapi kendalanya sekolah kami tak memiliki peralatan yang memadai untuk menunjang eskul ini,” ujar Sudarto selaku Kepala SMK Karya Utama Karawang.

Perlu di ketahui, meski SMK Karya Utama Karawang hanya memiliki satu jurusan pendidikan yaitu Teknik Industri saja. Namun sang kepala sekolah, Sudarto, selalu berinovasi dalam memberikan bekal kepada para siswanya. Dari mulai berkebun sampai prestasi yang pernah menjadi sorotan media yaitu pembuatan patung robot Polisi sebagai kado hari Bahayangkara ke-73 untuk Polres Karawang.

Ridho Rasyid dan para siswa eskul Fotografi

Antusiasme para siswa SMK Karya Utama Karawang terhadap dunia fotografi sangat besar, dan sejak awal Februari ini materi eskul sudah dapat diikuti para siswa. “Saya pikir minat dan keinginantahuan para siswa terhadap dunia fotografi sangat besar, meski hanya pengenalan dasar tapi mereka mulai belajar banyak cara menggunakan kamera,” ujar Ridho Rasyid.

Untuk menunjang pelaksanaan eskul ini, tak tanggung-tanggung Ridho Rasyid menyediakan 5 buah kamera dan 5 buah laptop untuk dipakai dalam eskul fotogarfi oleh para siswa SMK Karya Utama Karawang.

“Saya berharap, para siswa yang mengikuti eskul ini kelak bisa menyalurkan keterampilan fotografinya untuk sekedar hobi atau sebagai profesi sekaligus menjadi fotografer professional,” pungkas Ridho. (Alam Gerilya)