Hama Tikus Ancam Gagal Panen di Pesawahan Kampung Kaliasin

by -639 views

Info Rengasdengklok.com – Pesawahan di Dusun Kaliasin dihantui kekhawatiran gagal panen karena hama tikus. Nacem (50 tahun) salah seorang petani menuturkan bahwa dia menyaksikan sendiri gerombolan tikus yang memakan batang-batang padi yang rumahnya tepat di pinggir sawah malam hari tadi.(21/03/2020), dan pada pagi harinya bagian tengah sawah tersebut batang padinya sudah habis.

Ternyata pengalaman melihat kejadian serupa dialami pula oleh Cadim (55 tahun), “Segerombolan tikus yang jumlahnya sangat banyak memakan bibit-bibit padi yang baru tumbuh” Cadim menjelaskan. “Sawah di Kampungsumur malahan udah banyak yang diserang tikus” Sambung Cadim

Atas kejadian ini banyak petani di Dusun ini yang mengeluh dan takut akan mengalami gagal panen. “Kalau mulus mah puasa nanti sudah panen, tapi gak tau kalau keadaanya seperti ini” ungkap Sadam Ketua RW di Kampung tersebut dengan nada pesimis.

Berbagai upayapun telah dilakukan guna menghadapi serangan hama tikus ini, dari penggunaan obat kimia, penyemprotan dengan oli/solar yang dicampur apodan, bahkan sampai jasa paranormal (dukun) sudah ditempuh. “Biasanya suka pake dawegan (kelapa muda) dan bakar kemenyan” Jelas Cadim. Namun tak satupun yang menunjukkan hasil, tikus tetap menyerang di malam hari.

Ada juga sebagian petani yang menyiasati memangkas pucuk pohon padi, dengan tujuan agar tidak jadi sasaran serangan tikus dengan resiko hasil padi kurang maksimal. (SK)