Kapolres Karawang : Polisi Harus Humanis Amankan Unjuk Rasa

by -602 views

KARAWANG IRC – Sebanyak 130 personil gabungan TNI Polri diterjunkan untuk mengamankan aksi unjuk rasa masyarakat Karawang Bersatu di depan Kantor Pemda Karawang, Jawa Barat, Rabu (9/10).

Hal ini diungkapkan Kapolres Karawang AKBP Nuredy Irwansyah Putra.

“Pengamanan sudah kami siapkan. Ada sekitar 130 personel gabungan hari ini,” kata Nuredy Irwansyah Putra, saat dikonfirmasi.

Selain personil polsek dan Polres, lanjutnya, pengamanan juga diturunkan dari Kodim 0604 dan Satpol PP.

“Saya menghimbau kepada seluruh personil untuk bisa menjaga diri dan bersikap humanis kepada pengunjuk rasa.Tidak mudah terprovokasi dengan massa pengunjuk rasa dan harus dengan cara yang humanis serta harus sesuai dengan SOP yang kita miliki,” lanjut Kapolres.

Unjuk rasa di ikuti kurang lebih 300 massa aksi yang menuntut 9 tuntutan yaitu Mendesak Pemda Karawang menggugat Pertamina terkait Oil Spill. Menolak alih fungsi lahan Pertanian dan Kawasan lindung menjadi kawasan Industri. Menaikan status pegunungan sangga buana.

Tolak penimbunan sampah impor dan menolak segala bentuk usaha pertambangan. Mendesak Pemda Karawang bertindak tegas terhadap pelaku pencemaran, perusakan sumber daya air, Awasi pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun ( B3 ).

Pemda Karawang harus segera susun KLHS dengan pelibatan masyarakat dan Pemda serta Pemprov didesak segera menyelesaikan kasus pencemaran di Barugbug. (Husna)