Warga Jabar Terdampak COVID-19, Akan Menerima Bantuan Dana

by -747 views

Info Rengasdengklok– Dilansir dari Website Humas Jabar diberitakan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan menggelontorkan dana bantuan untuk masyarakat Jabar yang terdampak COVID-19. Hal ini diumumkan oleh Gubernur Jawa Barat usai rapat koordinasi di Gedung Sate, Bandung. (26/03/2020). Disebutkan pula bahwa keputusan itu berdasarkan kesepakatan antara Pemprov. Jabar dengan DPRD.

Penyaluran dana bantuan Jaring Pengaman Sosial kepada masyarakat ini akan menyesuaikan arahan dari pemerintah pusat. Bantuan difokuskan kepada masyarakat miskin yang belum mendapat Program Perlindungan Sosial dari APBN. Sebanyak 367.825 Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS), 551.700 Keluarga Rentan Miskin, Total 919.525 calon penerima bantuan.

Kategori KRTS adalah mereka yang terimbas secara ekonomi oleh COVID-19, masyarakat mengalami kesulitan ekonomi karena pekerjaan atau usaha yang terpuruk, juga mungkin yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dari perusahaannya.

Semula dana yang akan dikucurkan untuk masing-masing KRTS senilai Rp. 100.000/bulan dan Bantuan Non Tunai sebesar Rp. 200.000, namun DPRD Jabar mengusulkan Rp. 500.000 dengan komposisi 70% Bantuan Non Tunai dan 30% Bantuan Tunai. “Sehubungan dengan usulan itu akan dikaji ulang kembali oleh Bappeda Jabar dan Tim Ahli. Kata Kang Emil.

Selanjutnya sebagai tambahan, Kang Emil akan mewajibkan Pemkab/Pemkot menganggarkan dana dari APBD agar besaran dana yang diterimakan lebih besar lagi. (Dakar)